Menghindari Banyak Makan


Di antara sebab terbesar yang membantu seseorang untuk tetap giat menuntut ilmu, memahaminya dan tak jemu, adalah makan sedikit dari sesuatu yang halal.

Al-Imam Asy-Syafi’i Rohimahulloh berkata: ” aku tidak pernah kenyang semenjak 16 tahun yang lalu. karena, banyak makan akan menyebabkan banyak minum, sedangkan banyak minum akan membangkitkan untuk tidur, menyebabkan kebodohan dan menurunnya kemampuan berpikir, lemahnya semangat, serta malas badan. Ini belum termasuk makruhnya banyak makan dalam tinjauan syari’at dan timbulnya penyakit jasmani yang membahayakan.”

sebagaimana dikatakan dalam sebuah syair:

” sesungguhnya penyakit, kebanyakan yang engkau lihat

terjadi karena makanan dan minuman”

Seandainya tidak ada keburukan dari banyak makan dan minum kecuali mnyebabkan sering ke toilet, hal itu sudah cukup bagi orang yang berakal untuk menjaga diri dari nya. barangsiapa yang menginginkan keberhasilan dalam menuntut ilmu dan mendapatkan bekal hidup dari ilmu, namun disertai dengan banyak makan dan minum serta tidur, sungguh dia telah mengusahakan sesuatu yang mustahil menurut kebiasaan.

(Tadzkirotus Sami’ Wal Mutakallim Fi Abadil ‘Alim Wal Muta’alim, hal.73-74, Al-Imam Badrudin Muhammad bin Ibrohim bin Sa’dillah bin Jamaah AL-Kinani Rohimahulloh, dengan beberapa perubahan)

Dikutip dari majalah Asy Syari’ah edisi 56

About aburumaisho

hamba Alloh

Posted on January 16, 2010, in Mutiara Salaf. Bookmark the permalink. Comments Off on Menghindari Banyak Makan.

Comments are closed.

%d bloggers like this: